Posted on 1 Comment

Mengetahui Jenis Bahan Kaos dan Cara Mencucinya

bahan kain nyaman dipakai
Kain sebelum dijahit menjadi baju

 

 

 

Kostumers (maaf, kami panggil costumer superheroku dengan kostumer karena kita semua penggemar kostum superhero..hehe) sering kali nanyain, apa jenis bahan kaos superhero yang ada di superheroku.com.

Nah, biar mudah, kita akan bahas beberapa jenis kain untuk pakaian atau baju. Pada dasarnya tidak ada yang terbaik, semua mempunya kelebihan dan kekurangan. Kita bahas beberapa jenis aja ya, karena saat ini kain kaos untuk baju atau pakaian dibuat dari banyak macam jenis bahan. Supaya lebih mudah lagi, kita akan bahas bahan kain berdasarkan bahan atau materialnya.

Kita juga akan bahas cara mencuci baju atau pakaian dengan bahan kaos terbaik terutama yang ada sablon nya yang benar. Terutama untuk baju dan pakaian yang ada sablon nya. Dan juga cara setrikanya harus benar.

Ok, kita bahas beberapa material kain yang banyak dipakai, jenis-jenis tersebut diantaranya:

1. Katun

Sesuai dengan namanya yaitu terbuat dari katun sebutan lain dari kapas. Bahan ini bisa dikatakan terbaik sangat nyaman karena terasa sejuk saat udara gerah dan cukup terasa hangat ketika udara dingin. Selain itu, karena materia yang bersifat alam atau natural, kecil kemungkinan menimbulkan alergi pada pemakai. Selain itu karena materialnya yang alami, katun nyaman dipakai dan mudah menyerap keringat. Sebagai bahan terbaik, kekurangan katun yaitu sedikit mudah kusut.

2. Polyester

Polyester bisa dibuat dari material alam dan sintetik yang merupakan jenis turunan minyak bumi.

3. Nylon

Sama seperti polyester, nylon dibuat dari jenis turunan minyak bumi. Agak sulit membedakan jenis polyester dan jenis nylon. Tetapi sifat dari keduanya bisa dikatakan beda.

4. Wool

Bahan ini dibuat dari bulu domba. Sifatnya yang menahan panas, sangat cocok dan terbaik untuk pakaian di tempat dingin.

5. Sutera

Cara pembuatannya adalah kepompong ulat sutera akan dipintal menjadi benang dan ditenun menjadi kain sutera. Cara mendapatkan bahannya yang sulit didapat, membuat kain sutera terkenal mahal. Sifatnya yang lembut lebih cocok untuk pakaian kita yang sedang beraktifitas tidak bersifat ekstrim, misal pesta, pakain resmi dll.

6. Rayon

Rayon atau viscose juga merupakan salah satu bahan pembuat kain. Hampir sama dengan katun, tetapi penampakan rayon cenderung lebih halus dibanding katun. Cukup sulit membedakan kain dari rayon atau katun. Dan secara harga, kain dari rayon biasanya lebih mahal, penyebabnya menurut saya karena masalah suply and demand saja.

Nah, dari material pembuat kain tersebut dengan teknik tenun dibuat kain kaos. Untuk saat ini kain kaos sekarang banyak digunakan lebih luas sebagai bahan pakaian, bahkan gamis bahan kaos sudah banyak dipakai sebagai pilihan bahan.

Dari bahan-bahan tersebut di atas kain kaos dibedakan kurang lebih sebagai berikut:

1. Katun combed

Bahan katun combed banyak dipakai oleh perusahaan-perusahaan garmen di Indonesia, termasuk superheroku.com…hehehe. Selain mudah disablon, katun combed juga lebih paling mudah dalam perawatan. Katun bisa dikatakan sebagai bahan terbaik secara kualitas dan harga yang cukup terjangkau

2. Cardet

Merupakan kualitas lebih rendah dari katun combed. Biasanya kain kaos terasa lebih kasar. Harganya tentu lebih murah dibanding katun combed.

3. Polyester

Sebagai bahan kaos polyester yang merupakan bahan sintetik yang dibuat dengan cara mengolah turunan minyak bumi mempunyai sifat yang kurang menyerap air. Sehingga agak kurang menyerap keringat dibanding dengan katun. Sebenarnya polyester juga terdiri dari berbagai macam kualitas, dari yang harga mahal maupun kualitas yang murah. Tetapi polyester dengan kualitas bagus nyaman juga dipakai.

4. Teteron katun

Adalah campuran antara teteron dan katun. Cara mengurangi mudah kusut ini, biasanya katun dibuat dengan campuran tetoron.

5. Rayon

Kaos dari bahan rayon cukup jarang di pasaran Indonesia. South Pacific Viscouse yang ada di Purwakarta, Jawa Barat merupakan merupakan salah satu pabrik kain rayon. Dari informasi yang saya punya, baju dari kain rayon produksi South Pasific Viscouse, semuanya untuk pasar export. Dan tentu saja, harganya pun pasti mahal.

6. Wool

Wool merupakan bahan kaos yang mahal. Bisa dimaklumi, karena wool bahannya dari bulu domba. Wool asli sangat nyaman dipakai dan cocok untuk daerah dingin karena sifatnya yang menahan panas tubuh. Meskipun saat ini banyak tersedia jenis wool sintetik dengan harga yang lebih murah. Tentu saja dari segi kenyamanan dipakai, wool asli jauh lebih nyaman dipakai dibanding jenis sintetik. (kalo bahasa becak, murah njaluk slamet…hehehe)

7. Hyget

Bahan kaon ini sangat tipis dan merupakan yang termurah dari pilihan bahan yang ada. Bahan ini biasa dikenal dengan kaos saringan tahu..hehehe. Mungkin karena tipisnya dan memang sering digunakan sebagai saringan pada pembuatan tahu. Bahan ini juga sering dipakai untuk kaos promosi yang murah, kaos kampanye partai dan lain-lain. Meskipun ada beberapa kaos superhero yang dibuat dari bahan ini karena alasan harga yang murah, tetapi mohon maaf, superheroku.com TIDAK memproduksi atau menjual dengan bahan hyget ini.

Terus apa bedanya kain kaos dengan kainyang lain nya? Tentu saja dari teknik pada proses tenun nya. Karena sifatnya yang elastis dan ada kesan santai, kain kaos mempunyai tempat tersendiri di hati penggemarnya..hehehe. Jadi tidak heran bila banyak diantara kita yang menyukai pakaian dengan bahan kaos, karena untuk bahan kaos katun selain menyerap keringat dengan baik, tekstur kainnya yang lembut lebih terasa nyaman dipakai.

Untuk perawatan pakaian dengan bahan kaos, bisa dibilang gampang-gampang susah. Dibilang gampang karena jenis kain nya termasuk ringan sehingga dengan pencucian ringan sudah bisa bersih. Susahnya karena jenis tenunannya yang lembut, bila mencucinya salah, bisa merusak tekstur kain nya yang halus.

kaos bahan katun

Ok, kita bahas cara mencuci kaos, terutama yang di sablon. Cara di bawah ini, khususnya untuk baju superheroku yang kami sebut lokal. Untuk yang baju import, sebaiknya dilakukan oleh laundry profesional.

Berikut cara mencuci dan menyetrika baju superheroku lokal:

  1. Untuk baju dari superheroku yang kita sebut buatan lokal, sebelum dipakai untuk pertama kali, cukup dengan cara dibilas dengan air saja. Atau kalau mau mencuci pakaian menggunakan sabun, gunakan sabun yang lunak. Hindari mencuci dengan menggunakan deterjen, terutama yang mengandung pemutih. Cuci dengan cara mengucek baju dengan lembut, terutama bagian sablon. Untuk sablon yang tipis, biasanya cukup dan tahan terhadap kucekan, bahkan bila menggunakan mesin cuci.

  2. Setelah mencuci, pada waktu dibilas bisa ditambahkan pelembut dan pengharum pakaian supaya ketika kering, kain tidak menjadi kaku dan kasar, dan tentu saja agar lebih wangi.

  3. Jemur dan keringkan baju yang telah dicuci dengan cara diangin-anginkan dengan tidak langsung terkena sinar matahari. Atau kalau memang mau dijemur dengan cara dikenakan sinar matahari langsung, jangan lupa dibalik yaitu bagian luar berada di dalam. Cara ini untuk menghindari agar warna baju tidak pudar dan sablon tidak cepat rusak terkena sinar matahari secara langsung.

  4. Untuk setrika, gunakan setrika dengan suhu sedang. Dan menyetrika nya dengan cara dibalik juga yaitu disetrika bagian dalam nya saja. Ini penting terutama untuk kaos yang ada sablon nya. Jenis sablon kaos umumnya dari bahan semacam resin yang menyerupai karet. Bahan sablon kebanyakan jenis yang tidak tahan panas, ada kemungkinan rusak ketika kena panas setrika secara langsung. Jenis sablon tidak tahan panas disini artinya bahan sablon tersebut lebih tidak tahan panas dibanding bahan baju yang disetrika.

  5. Untuk setrika lebih mudah dan aman bisa dilakukan dengan cara terbaik yaitu menggunakan setrika uap. Karena hanya kontak dengan uap, baju relatif lebih aman dari exposure panas yang berlebihan.

setrika uap tidak merusak sablon
Menggunakan panas dari uap sablon kaos jadi awet

Demikian dengan mengenal bahan baju kita akan lebih mudah dalam merawatnya, terutama untuk mencuci dan menyetrika. Tips mencuci dan menyetrika baju superheroku di atas pada umumnya bisa diterapkan juga untuk mencuci baju-baju dengan bahan terbaik lain yang ada sablon nya.

Mencuci dan merawat dengan cara yang benar akan membuat baju, pakaian, kaos kita bisa lebih awet dan bisa dipakai untuk waktu yang lama.

Semoga bermanfaat. Sampai ketemu lagi di tips kami selanjutnya.

*) dari berbagai sumber

Artikel dan Tips yang lain:

– Cara memilih ukuran kostum

1 thought on “Mengetahui Jenis Bahan Kaos dan Cara Mencucinya

  1. Kalo mau beli baju kaos anak karakter untuk bisa pakai rekber tokopedia

Leave a Reply